“Kata-kata yang ditulis adalah simbol dari kata-kata yang diucapkan. Sedangkan kata-kata yang diucapkan adalah simbol dari pengalaman mental.”
A. PENDAHULUAN
Sebagian dari kita mungkin masih asing dengan kata atau istilah “grafologi” meskipun secara prakteknya sudah menerapkannya. Ketika kami masih berada di bangku SD (Sekolah Dasar), kami dilatih untuk menulis sambung dengan bentuk huruf tertentu pada buku bergaris tiga. Mungkin Anda juga pernah mengalaminya. Mungkin seperti halnya kami, Anda pun bertanya, mengapa kita harus melakukannya ?
Kami baru memahami belakangan ini dan ternyata itu merupakan salah satu bentuk aplikasi dari grafologi yaitu untuk membentuk atau membangun dan mengembangkan karakter pada siswa. Tulisan tangan diyakini bukan hanya mampu mengetahui karakter dan kepribadian seseorang, melainkan juga dapat membangun atau membentuk dan mengembangkan karakter pada diri seseorang.
Pernahkan Anda memperhatikan secara seksama ketika Anda mengetik dengan komputer, baik menggunakan word, excel dan lain sebagainya, bahwa “huruf” dalam dunia komputer disebut “karakter”? Pembuat program komputer tidak menyebut “Arial”, “Times New Roman”, “Calibri” dan lain sebagainya dengan jenis huruf melainkan “karakter”. Bahkan jumlah huruf yang kita ketik dalam komputer juga tidak disebut dengan “total huruf” melainkan “total karakter”.
Entah sebuah kebetulan atau memang kesengajaan, seolah-olah hal ini ingin mempertegas adanya hubungan yang erat antara huruf (bentuk huruf) dan karakter seseorang.
Mungkin jika Anda menggunakan karakter huruf ketika membuat laporan atau tulisan biasa, hal ini tidak terlalu nampak menunjukkan karakter Anda atau karakter yang ingin ditampilkan dalam karya Anda. Namun hal ini menjadi sangat terlihat ketika Anda membuat desain poster dan lain sejenisnya. Di sini akan ketahuan dari karakter huruf (jenis huruf) yang digunakan apakah Anda seorang yang formal, kaku, ramah, humoris, dan lain sebagainya.
Bahkan bisa jadi bentuk huruf yang kita gunakan menunjukkan visi dan misi seseorang. Ketika Bill Gates memperkenalkan karakter (bentuk huruf) “Times New Roman”, ia nampaknya ingin memperkenalkan kepada dunia luas mengenai visi dan misinya untuk membangun era Romawi Baru melalui perusahaannya yaitu “Microsoft” dengan misi satu PC dalam setiap rumah. Dan semua visi dan misinya ini tertuang dalam karakter (bentuk huruf) yang dikembangkannya.
B. DEFINISI GRAFOLOGI
Wikipedia, the free encyclopedia mendefinisikan grafologi adalah sebagai berikut :
• Graphology is the study of handwriting, which for hundreds of years has been recognized as being unique to each individual.
• Graphology is the study and analysis of handwriting especially in relation to human psychology. In the medical field, it is used to refer to the study of handwriting as an aid in diagnosis, and tracking of diseases of the brain, and nervous system.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, grafologi adalah ilmu tentang aksara atau sistem tulisan, ilmu surat tangan; ilmu tentang hubungan antara watak dan tulis tangan (rajah).
Secara etimologis, grafologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata “grapho/graphi” yang artinya secara umum adalah adalah coretan tangan dan “logos” yang artinya ilmu. Jadi, singkatnya grafologi adalah ilmu tentang coretan tangan, termasuk tulisan tangan, gambar, tanda tangan dan asesoris yang menyertainya, dan coretan-coretan tangan lainnya.
Secara terminologis atau istilah, grafologi adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mengenal diri kita yang mencakup bakat, karakter, kepribadian, masalah psikologis, dan lain sebagainya melalui tulisan tangan termasuk tanda tangan dan asesoris-asesoris yang menyertainya.
Grafologi disebut sebagai ilmu karena grafologi memiliki metode yang dikembangkannya yang bersifat ilmiah. Grafologi bukan hanya memiliki landasan filosofis yang kuat melainkan juga didasarkan pada riset hingga ratusan tahun untuk melihat pola-pola dalam tulisan tangan dikaitkan dengan suatu hal, seperti karakter, kepribadian, bakat, dan lain sebagainya.
Sebagian orang juga menyebut grafologi sebagai sebuah seni karena melibat rasa dalam menyelami sebuah tulisan dan tanda tangan untuk mengetahui bakat, karakter, kepribadian, masalah yang tengah dihadapi, dan lain sebagainya.
C. SEKILAS SEJARAH GRAFOLOGI
Grafologi ditemukan di masa Cina kunosejak 6000 tahun silam. Kuo Jo Hsu di China mengatakan bahwa dia dapat mengungkap karakter seseorang dari cara dia menulis.
Aristoteles, seorang filsuf Yunani pada 4.000 tahun lampau telah mampu mengaitkan tulisan tangan dengan waktu pemiliknya. Aristoteles (Soemantoro, 2009 : 2) mengatakan bahwa seperti cara berpikir manusia yang pengucapannya berbeda-beda, begitu pula perbedaan menulis. Lebih lanjut, Aristoteles menyatakan tulisan tangan mengungkap 3 aspek manusia: tubuh, pikiran dan spirit.
Aristoteles, seorang filsuf Yunani pada 4.000 tahun lampau telah mampu mengaitkan tulisan tangan dengan waktu pemiliknya. Aristoteles (Soemantoro, 2009 : 2) mengatakan bahwa seperti cara berpikir manusia yang pengucapannya berbeda-beda, begitu pula perbedaan menulis. Lebih lanjut, Aristoteles menyatakan tulisan tangan mengungkap 3 aspek manusia: tubuh, pikiran dan spirit.
Sementara, sorotan lebih tajam dilontarkan oleh Konfusius (Soemantoro, 2009 : 2) dengan mengatakan tulisan tangan dapat secara sempurna menunjukkan apakah itu datang dari seorang cerdas atau seorang yang terbuka.
Suetonius Tranquillus (69-140 M), seorang sejarawan Romawi, memasukkan analisa kepribadian Kaisar Augustus melalui tulisan tangannya pada tahun 99 Masehi dalam karyanya “Lives of the Caesar”. Pada pemerintahan Kaisar Nero, banyak ahli grafologi yang dipekerjakan untuk memilih orang-orang yang bisa dipercaya sebagai pejabat waktu itu.
Pada tahun 1500, William Shakespeare, seorang sastrawan terkenal berkebangsaan Inggris yang terkenal dengan karyanya “Romeo & Juliet” menulis: “Berikan saya tulisan tangan seorang wanita dan saya akan katakan karakternya.”
Francois Demelle, seorang berkebangsaan Prancis yang pertama kali mengenalkan teori yang menyatakan bahwa tulisan tangan merupakan perwujudan dari karakter seseorang. Pada tahun 1622, Camillo Baldi (1550 - 1637) seorang dokter dan pendidik (sebagai Dekan College of Philosophy, di University of Bologna) menerbitkan sebuah karya tulis yang berjudul ”Trattato come de una lettera missiva si conoscano la natura, e qualita dello scrittore” (bagaimana dari sebuah surat seseorang bisa mengetahui sifat dan kualitas penulisnya), yang mengkaji hubungan antara tulisan tangan dan kepribadian.
Usaha melakukan perbandingan tulisan tangan dengan emosi, karakter, watak, dan kepandaian si penulis terus dilakukan dari masa ke masa dan seiring dengan perkembangan sarana tulis-menulis, barulah pada abad ke-17 bermunculan pembahasan yang intens tentang ilmu ini.
Pada tahun 1741 – 1801, J. C Lavanter, seorang Pastor Swiss, membuat laporan yang sistematik dan cermat tentang tulisan tangan. Walaupun laporan yang dibuat masih berupa perkiraan dan menjelaskan tentang sifat – sifat umum namun telah berhasil membuat menarik perhatian orang lain, terutama di Paris. Ada beberapa tokoh yang tertarik dengan grafologi, sampai dengan kelompok agama.
Cendekiawan Abbe Flandrin (1804 – 1864) dan muridnya Abbe Jean Hyppplyte Michon (1806 – 1881), seorang pendidik di Prancis, mengabdikan banyak waktu mereka pada ilmu tentang tulisan tangan. Michon kemudian menerbitkan makalah-makalah tentang sistemnya untuk menganalisis tulisan tangan, yang menguraikan bagaimana elemen-elemen atau ”tanda-tanda” tertentu (seperti goresan dan bentuk huruf seseorang) berhubungan dengan ciri kepribadian tertentu. Beliau memperkenalkan nama grafologi untuk menjelaskan tentang kajiannya. Michon juga dianggap berjasa dalam mendorong penyebarluasan minat terhadap garfologi, baik dalam lingkup umum maupun akademis. Jean Michon membentuk Graphological Society (Lembaga Grafologi) di Paris, yang berkembang sampai masa Perang Dunia Kedua (1939-1945).
Orang Prancis lainnya dan juga murid Michon, yaitu Jules Crepieux Jamin (1858 – 1940) mengambil teori yang selangkah lebih jauh. Beliau menyakini bahwa tulisan tangan harus diteliti sebagai satu kesatuan utuh dan penafsirannya harus disandarkan pada fitur-fitur lain. Beliau membagi elemen-elemen dasar tulisan tangan ke dalam tujuh kategori : dimensi, bentuk, tekanan, kecepatan, arah, layout (tata letak) dan kontinuitas. Pendekatan Crepieux Jamin menjadi dasar bagi aliran grafologi di Prancis. Pendekatan ini juga memberi pengaruh dalam bidang psikologi dan menjadi landasan bagi pendekatan Gestalt kepada analisis tulisan tangan.
Menjelang akhir abad ke-19, bangsa Jerman ikut ambil bagian dalam bidang grafologi dan mulai membuat kontribusi sendiri terhadap bidang ini.
Menjelang akhir abad ke-19, bangsa Jerman ikut ambil bagian dalam bidang grafologi dan mulai membuat kontribusi sendiri terhadap bidang ini.
Wilhelm Preyer (1841 – 1897), seorang Profesor Fisiologi membandingkan tulisan tangan orang ketika tangan, kaki, dan mulut mereka memegang pena. Preyer mencatat kesamaan yang jelas dalam bentuk dan struktur setiap sampel. Dan beliau menyimpulkan bahwa tulisan “tangan” adalah benar-benar tulisan “otak”, karena diorganisasikan secara pusat di dalam otak. Proses visualisasi huruf secara mental mauoun fisik, dan juga kemudian mengirimkan informasi tersebut ke area sensorik dan motorik. Itulah yang menghasilkan bentuk tulisan di atas kertas. Pandangan ini telah dibuktikan dengan pengetahuan bahwa orang yang terkena stroke tulisan tangannya akan rusak parah. Sementara mereka yang mengunakan tangan palsu pada akhirnya dapat memperoleh kembali keterampilan menulis dengan tangannya.
George Meyer seorang psikiater Jerman menemukan bahwa mood (suasana hati) dan emosi berperan dalam perubahan-perubahan kecil dalam tulisan tangan. Pengungkapan oleh Prever dan Meyer mengilhami para psikolog dan ilmu lain untuk menaruh minat pada grafologi.
George Meyer seorang psikiater Jerman menemukan bahwa mood (suasana hati) dan emosi berperan dalam perubahan-perubahan kecil dalam tulisan tangan. Pengungkapan oleh Prever dan Meyer mengilhami para psikolog dan ilmu lain untuk menaruh minat pada grafologi.
Sekitar penggantian abad ke-20, Ludvig Klages (1872 – 1956), seorang Filosof dan ahli grafologi dan penulis Die Handschrift als Gehernshrift menerapkan teori Gestalt yang berarti ”lengkap” atau ”utuh” dalam kajiannya sehingga memperluas cakupan grafologi. Klages berupaya melihat kepada seluruh contoh tulisan daripada menyamakan setiap goresan dengan sifat tertentu. Beliau juga menyimpulkan bahwa tulisan tangan adalah keseimbangan antara aspek sadar dan bawah sadar dari kepribadian seseorang.
Di Switzerland, Max Pulver (1890 – 1953) seorang Profesor di Universitas Zurich, mempelajari karya Klages dan menerapkan metode psikologi Carl Jung dan Sigmund Freud pada analisis tulisan tangan. Beliau menggolongkan tulisan tangan ke dalam tiga ”zona” atas, tengah, dan bawah ; masing-masing berhubungan dengan area kepribadian berbeda. Pulver juga memperkenalkan pemaknaan ruang pada halaman kertas – makna sisi kiri dan kanan halaman (atau lebih dikenal sekarang marin kiri – kanan), serta makna lebar atau sempitnya margin atas, bawah dan samping.
Pada tahun 1930, Robert Saudek (1880 – 1935), seorang grafolog Inggris berkebangsaan Chekoslovakia, menguji gerakan tulisan tangan dengan menggunakan mikroskop, film, dan papan tekanan. Sebanyak 100.000 pria, wanita dan anak-anak dari berbagai negara dipelajari, dan korelasi antara sifat dasar serta gerakan tulisan didokumentasikan.
Pada dekade yang sama, di Harvard University Psychological Clinic, Gordon Allport dan Philip Vernon meneliti pekerjaan laboratorium dengan banyak subjek, mereka mencatat bahwa gerakan-gerakan individual, menulis atau yang lainnya, adalah bersifat konsisten dan dapat juga dianggap sebagai ekspresi pribadi.
Sementara itu, Rudolph Pophal (1893 – 1966), Profesor Neurologi di Hamburg Jerman, mempelajari bagaimana otak mempengaruhi goresan tulisan di atas kertas. Sebagai seorang ahli neurologi, Pophal mempelajari fungsi otak dan melakukan riset tentang sisi fisiologis tulisan tangan dan perilaku, yang menegaskan sekali lagi bahwa tulisan tangan bukan berasal dari tangan melainkan dari rangsangan-rangsangan dalam otak.
Edgar Berillon (1859 – 1948) seorang psikolog Prancis dan pakar penyakit kejiwaan, menemukan bahwa latihan menulis dapat mengubah perilaku pada pasien. Upaya Berillon untuk menunjukkan bahwa ada hubungan antara pikiran dan tulisan. Kajiannya yaitu psychotherapie graphique, yang menghasilkan kajian dan praktik grapho therapy. Psikolog Perancis terkemuka, Pierre Janet (1859 – 1947), melakukan banyak kajian tentang pikiran bawah sadar, tertarik pada kajian Berillon dan pada akhirnya membenarkan temuan Berillon tersebut. Kajian dan pengujian lebih lanjut dilakukan di Sorbonne. Pada tahun 1950-an, ratusan anak dengan gangguan mental diobati dengan grapho therapy.
Klara Roman (1881 – 1962), seorang praktisi dari Hungaria, mempelajari energi kepribadian sadar dan tidak sadar sebagaimana digambarkan dalam tulisan tangan, serta hubungan antara bahasa lisan dan tulisan tangan. Beliau menciptakan Psychogram, alat pengukur yang membandingkan tulisan dengan karakter penulisnya.
Dr. Roger Walcott Sperry pemenang Nobel untuk bidang pengobatan pada tahun 1988, menganggap di dalam otak ada dua cuping yang terhubung dengan banyak sekali syaraf dan menurut ilmu jiwa memiliki fungsi yang berbeda-beda. Dan ketika kita menulis, satu bagian otak tersebut secara langsung memerintahkan bagaimana tulisan tersebut dibuat.
Saat ini, penggunaan analisis tulisan tangan tergolong cukup tinggi. Pada tahun 1992, Smith dan Abrahamson meninjau kembali metode seleksi personalia di enam negara Eropa antara 1983 dan 1991 serta menemukan frekuensi penggunaan grafologi yang meningkat untuk seleksi dan promosi karyawan (terutama di Prancis).
Sharma dan Vardhan menyatakan bahwa 85 % orang Eropa dalam memutuskan hasil seleksi juga melibatkan penggunaan grafologi, sementara Klimoski dan Rafaeli menemukan di tahun 1983 bahwa sebanyak 3.000 perusahaan di Amerika Serikat tetap menggunakan analisis tulisan tangan.
Penelitian grafologi terus-menerus dilakukan oleh para penyelidik secara individual dan program-program di bawah arahan bantuan organisasi grafologi profesional seperti American Handwriting Analysis Foundation.
Ada beberapa fakta mengenai grafologi, yaitu 5.000 perusahaan menggunakan grafologi untuk seleksi dan membentuk tim; bisnis di negara-negara Eropa umumnya menggunakan analisis tulisan tangan untuk penggunaan praktis pada karyawan mereka. Di Prancis dan Swiss, bahkan diperkirakan sekitar 80 % perusahaan besar menggunakan grafologi dalam prosedur seleksi.
Di Indonesia minat untuk mempelajari dan menggunakan grafologi mulai semakin tinggi. Kami merasakan kemudahan dan kepraktisan dalam memanfaatkan grafologi atau analisa tulisan tangan (handwriting analysis) untuk berbagai kebutuhan. Popularitas grafologi pun semakin meningkat ketika pendapat para grafolog mulai didengar dan dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih calon presiden. Dan terkait hal ini, kami pun diundang oleh Metro TV untuk mengemukakan analisa grafologi secara Live terhadap tulisan dan tanda tangan dari kedua capres Indonesia 2014.
Hingga kini, kami terus melakukan riset grafologi dalam berbagai hal, seperti mendeteksi penyakit melalui tulisan tangan dan lain sebagainya dengan menggunakan alat bantu Electroencephalography (EEG) dan juga quantum magnetic resonance analyzer.
D. OBJEK DAN BANGUNAN GRAFOLOGI
Menurut Asosiasi Analis Tulisan Tangan Amerika (A.A.H.A - American Association of Handwriting Analysts), pada tulisan tangan terdapat 300 aspek sebagai bahan analisa.
Namun demikian, kita dapat membagi aspek-aspek tersebut ke dalam 3 hal atau bagian utama yang menjadi objek kajian grafologi, yaitu tulisan, tanda tangan dan gambar-gambar atau asesoris-asesoris yang menyertai tulisan dan tanda tangan.
Ibarat rumah, tanda tangan adalah teras, sedangkan tulisan tangan adalah bagian dalam rumahnya. Sedangkan segala gambar atau asesoris yang menyertai tulisan dan tanda tangan adalah pernak-pernik atau hiasan-hiasan pada rumah yang juga mampu menceritakan banyak hal tentang diri Anda.
SUMBER :
Diambil dari "The Power of Signature : Mengenal dan Mengubah Diri melalui Tanda Tangan", karya Max Hendrian Sahuleka dan Primasari Nafisah T. Z., hal. 7 - 15.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar